Bencmarking ke UGM PRESS

Bencmarking ke UGM PRESS

PolmedPress sebagai salah satu unit bisnis yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan di bawah naungan Politeknik Negeri Medan, beroperasi sejak tahun 2020. Dalam perjalanan perkembangannya, PolmedPress dirasa perlu melakukan studi banding (benchmarking) untuk dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan pengelola dan karyawan mengenai penerbitan dan percetakan.

Oleh karenanya, pada tanggal 30 November 2022 PolmedPress melakukan studi banding ke UGM Press yang disambut dengan hangat oleh Kepala Bidang Penerbitan dan Percetakan UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng., didampingi oleh Koordinator Kantor dan Keuangan, M. Iwan Setiawan, A.Md.; Koordinator Penerbitan, Didi Junaedi, S.S.; Koordinator Pemasaran, Febriarto Wahyu Aji, S.Kom.; Koordinator Gudang, Jusak Harliandi; serta Koordinator Percetakan, Joni Hasim.

Dalam sambutannya, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng. menjelaskan bahwa kegiatan usaha yang dilakukan UGM Press meliputi usaha hulu ke hilir dengan main core penerbitan dan pemasaran buku. UGM Press menetapkan minimal oplah sebanyak 50 ribu eksempar, atau dapat ditambah sesuai dengan minat pasar. Selain itu, masa simpan buku maksimal di gudang adalah selama dua tahun.

Lebih lanjut, Didi Junaedi, S.S selaku Koordinator Penerbitan menjelaskan dalam proses penerbitan buku, UGM Press sangat memperhatikan kualitas buku dengan memaksimalkan proses descreeningreviewinglayouting. Selanjutnya, buku-buku yang diterbitkan dipasarkan melalui market place menyesuaikan dengan tren belanja masyarakat saat ini yang cenderung melakukan perbelanjaan secara online.

Selain itu, UGM Press juga sangat mengedepankan ketertiban dan efisiensi administrasi dengan membangun sebuah sistem yang disebut dengan “Sigap” (Sistem Informasi Gama Press) dimana melalui sistem ini, baik petugas administrasi, reviewer, editor maupun penulis buku dapat melakukan dan memantau alur/proses penerbitan buku, tak heran jika UGM Press meraih beragam penghargaan seperti Penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam dari Perpusnas.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.